Obat mata tradisional bali




Om Swastyastu , salam sehat semuanya kali ini kita akan membahas soal sakit kelilikan. Nah sebelum kita lanjut adakah dari anda yang tau apa itu kelilikan…??? Yupps kelilikan adalah benjolan atau daging yang tumbuh pada selaput mata.
          
Apakah penyebab dan apakah kelilikan itu dapat menular…??? Mungkin banyak dari kita yang bertanya semacam itu, nah kali ini saya akan jelaskan kenapa kelilikan itu dapat tumbuh dan menular. Kelilikan tersebut bisa menghampiri siapa saja, baik itu dari anak-anak hingga dewasa. Biasanya ketika kita melakukan kegiatan di tempat yang kotor dan berdebu akan sangat rentan terkena penyakit mata yang satu ini. Dan penyakit ini mudah menular lewat kontak mata dengan orang-orang yang mengidapnya.



                     Biasanya gejala-gejala ketika kita sudah akan kena antara lain;

   *1. Mata menjadi berat, hal ini adalah gejala awalnya. Ketika kita hendak memejamkan mata atau mengedipkan mata, ini adalah proses dimana mata sedang diganggu oleh bakteri.

   *2. Tahap selanjutnya mata akan menjadi panas, itu terjadi ketika immune atau yang sering disebut didunia medis sebagai kekebalan dari tubuh khususnya daerah mata mulai mengalami gangguan.

   *3. Mata kering dan memerah, merupakan tahap berikutnya. Ini dia yang paling menjengkelkan karena biasanya akan dibarengi dengan rasa gatal.

   *4. Munculnya benjolan kemerahan seperti daging, ini adalah tahap terakhir ketika seseorang penderita mulai menyadari bahwa dirinya telah terkena sakit mata.

Lantas adakah obat balinya …??? Yaa.. tentu saja ada obatnya, ketika leluhur kita di bali mengalaminya sakit yang serupa nenek moyang kita sudah bisa menemukan obat yang mujarab untuk penyakit ini. Bahkan di zamannya itu merupakan obat satu-satunya, walaupun pada saat itu ilmu pengetahuan tentang medis masih sangat minim tapi leluhur kita di bali dengan kesederhanaannya telah mampu membuat obat terampuh di masanya.

Inilah obat bali kuno yang pernah digunakan oleh leluhur hindu kita di bali. Baik tanpa basa basi lagi cukup dengah bahan-bahan alam yang sangat sederhana ini, kita bisa mengobati penyakit mata ini dengan waktu tiga hari saja.

Yang pertama anda siapkan ialah tipat pusuh, apa kalian pernah mendengar tipat pusuh.??? Jika iya maka anda sudah mengetahui bahwa tipat pusuh ialah bagian dari obat mata atau yang orang-orang sebut kelilikan. Jika anda belum tahu apa itu tipat pusuh anda bisa bertanya kepada Ibu, kakak perempuan kalian, bibik, ninik, ataupun tetangga yang tahu tipat itu. Dan kenapa harus bertanya pada kaum hawa…??? Yaa karena tipat merupakan sebuah kerajinan tangan yang mungkin semua perempuan hindu di bali harus wajib bisa membuatnya.

Dan yang kedua adalah bawang putih, kita semua pasti tidak asing lagi dengan nama yang satu ini bukan…??? Yuppss itu adalah salah satu bahan utama para ibu-ibu rumah tangga untuk memasak di dapur. Well, setelah kedua bahan ini ada lantas apa yang harus anda lakukan…???

Pertama kupas bersih kulit bawang putih hingga hanya terlihat daging bawangnya saja, setelah itu ambilah tipat pusuh yang sudah disiapkan sebelumnya, oh iya sebelum digunakan tipat pusuh ini anda perlu memotong sisa lidi di bagian runcingnya tipat pusuh itu. Dan biarkan lidi tipat pusuh tetap pada dalamnya tipat pusuh tersebut, sehingga saat digunakan tidak sampai menusuk mata kita, sebab pada 
runcingan tipat tersebutlah yang akan langsung digunakan nantinya untuk menusuk-nusuk mata kita yang terkena kelilikan. Yuppss jadi sebelum digunakan untuk langsung menusuk mata atau daging tebal yang berwarna merah pada mata kita, tipat pusuh terlebih dahulu di gosok-gosokkan pada daging bawang putih yang tadi sudah anda siapkan, (ingat pada bagian yang runcing pada tipat pusuh tersebut ya).

Lakukan itu berkali-kali hingga mata anda terasa perih, jangan berhenti digunakan kalau belum sembuh seperti sedia kala. Pesan saya gunakanlah sehari 2X sebab untuk bisa segera sembuh dalam waktu hanya 3 hari saja anda perlu melakukannya dengan sesering mungkin. Tolong berhati-hatilah menggunakan cara pengobatan yang satu ini sebah jika salah langkah maka bukannya diobati ini malah bisa menyakiti, ya maklum saja ini adalah obat kuno yang GRATIIISSS sehingga penangannya juga harus diperhatikan. Walaupun saya sendiri sering menggunakan obat yang satu ini, saya kadang minta bantuan orang lain untuk menusukkan ujung tipat pusuh dengah hati-hati.

Sekiang artikel dari obat kuno bali yang saya share ke kalian kali ini, semua semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari SANG HYANG WIDHI WASA salam rahayu semeton ku semua. Om santhi santhi santhi om

0 Response to "Obat mata tradisional bali"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan, terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close